Thursday, April 26, 2012

[informasi] Ubuntu 12.04 LTS release

Ubuntu 12.04 LTS code name "Precise Pangolin" telah release kemaren, tapi ane baru bisa update sekarang, maklum banyak kesibukan :D
releasenya ubuntu 12.04 membawa banyak fitur baru yang tentunya menambah hasrat untuk menggunakannya, selain itu ubuntu 12.04 adalah LTS (Long Term Support) yang akan didukung hingga 5 tahun. fitur fitur tersebut adalah:

1. Require DVD or USB Drive to install.
Sepertinya untuk Ubuntu 12.04 ini file image download/ ISO-nya akan berukuran sekitar 750 MB. Artinya dengan ukuran segitu tidak akan muat jika dipaketkan dalam bentuk CD. User akan membutuhkan DVD atau USB Drive untuk menginstallnya.

2. Gnome 3.2 plus some Gnome 3.4 packages
Sebagian besar paket Gnome pada Ubuntu 12.04 LTS ini akan menggunakan paket dari Gnome versi 3.2, tetapi beberapa paket dari Gnome versi 3.4 kabarnya akan dimasukkan juga, sebagai contoh GTK+ 3.4, Gnome Games, GEdit, GCalctool, Evince dan Yelp.

3. A Wayland Preview.
Sementara Ubuntu 12.04 masih tergantung pada X.Org sebagai server utama sistem display grafis, sebuah percobaan menggunakan Sistem Grafis Wayland untuk menjalankan server X11 dan itu memungkinkan (berhasil). Ke depannya mungkin Ubuntu akan mengadopsi Waylang Graphics System juga.

4. Head-Up Display (HUD) Feature
Pada Januari 2012, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 12.04 akan menggabungkan fitur baru berupa Head-Up Display (HUD), yang akan memungkinkan mencari item menu aplikasi hanya melalui tombol hotkey keyboard tanpa membutuhkan mouse. Shuttlework menambahkan bahwa HUD nanti kedepannya akan menggantikan menu pada Unity Applications.

5. A much faster start up time for the Ubuntu Software Center
Para pengembang masih berharap untuk meningkatkan kecepatan startup dari Ubuntu Software Center dari 11 detik menjadi kurang dari 2 detik dan juga terus selalu melakukan perbaikan desktop Unity. Ubuntu Software Center akan terupdate dengan dukungan multi screenshot.

nah bagi temen temen sekalian yang pengen download bisa langsung ke website resmi ubuntu.com 
untuk yang pengen menjelajahi fitur fiturnya dulu sebelum mendownload bisa lihat disini
bagi temen temen yang tahu mirror indo bisa comment di bawah.
mari kita sebarkan open source sejak dini :D
Sekian terima kasih 

No comments:

Post a Comment