Kendali if
Suatu pernyataan akan di eksekusi apabila sesuai kondisi atau keadaan yang telah di tetapkan.
if(kondisi)Maka pernyataan;
Dimana kondisi ini digunakan untuk pengambilan keputusan.
Sedangkan pernyataan dapat merupakan pernyataan tunggal atau pernyataan majemuk.
contoh program:
import javax.swing.JOptionPane;
public class LatihanIf {
public static void main(String[] args) {
int umur;
String u;
u = JOptionPane.showInputDialog("input Umur Anda ");
umur = Integer.parseInt(u);
if (umur > 25) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Maaf Anda Tidak DiTerima DiPerusahaan ini");
}
if (umur <= 25) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Anda diterima di perusahaan ini..");
}
}
}
public class LatihanIf {
public static void main(String[] args) {
int umur;
String u;
u = JOptionPane.showInputDialog("input Umur Anda ");
umur = Integer.parseInt(u);
if (umur > 25) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Maaf Anda Tidak DiTerima DiPerusahaan ini");
}
if (umur <= 25) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Anda diterima di perusahaan ini..");
}
}
}
kendali if else
Bentuk if-else ini adalah bentuk pernyataan akan dijalankan apabila ia memenuhi sarat yang ditentukan dan tidak melaksanakan apapun jika pernyataan salah. Dalam if-else memungkinkan untuk menjalakan pernyataan bila pernyataan bernilai salah, danpernyataan if-else memungkinkan kita untuk menambahkan kodisi lain setelah kondisi yang sebelumnya tidak memnuhi syarat untuk dieksekusi.
Contoh program:
import javax.swing.JOptionPane;
public class LatihanIf_Else {
public static void main(String[] args) {
int g = 0;
g = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukkan nilai Anda"));
if ((g >= 80) && (g <= 100)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = A ");
} else if ((g >= 70) && (g < 80)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = B ");
} else if ((g >= 60) && (g < 70)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = C ");
} else if ((g >= 50) && (g < 60)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = D ");
} else if ((g >= 0) && (g < 50)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = E ");
} else {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nilai yang Anda masukkan salah...!!! ");
}
}
}
public class LatihanIf_Else {
public static void main(String[] args) {
int g = 0;
g = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukkan nilai Anda"));
if ((g >= 80) && (g <= 100)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = A ");
} else if ((g >= 70) && (g < 80)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = B ");
} else if ((g >= 60) && (g < 70)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = C ");
} else if ((g >= 50) && (g < 60)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = D ");
} else if ((g >= 0) && (g < 50)) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "grade Anda = E ");
} else {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nilai yang Anda masukkan salah...!!! ");
}
}
}
switch-case
Kendaliswitch case adalah kendaliyang dipakai untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan berdasarkan nilai suatu penyeleksi.
contoh program:
import javax.swing.JOptionPane;
public class Switch {
public static void main(String[] args) {
int n = 1;
switch (n) {
case 1:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka java");
break;
case 2:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka delphi");
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka visual basic");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu tidak suka apa-apa");
break;
}
}
}
public class Switch {
public static void main(String[] args) {
int n = 1;
switch (n) {
case 1:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka java");
break;
case 2:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka delphi");
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu suka visual basic");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kamu tidak suka apa-apa");
break;
}
}
}
No comments:
Post a Comment