Friday, March 4, 2011

Review: aplikasi matlab di linux




Bismillah..
Postingan kali ini penulis akan membahas tentang aplikasi matlab di linux, bagi kebanyakan orang MIPA matlab adalah aplikasi yang wajib terinstal di komputer mereka, nah masalahnya jika mereka ingin migrasi ke linux adah kah aplikasi yang sejenis dengan matlab?? Jawabannya adalah: ada, aplikasi tersebut adalah
QtOctave


Namun masih ada pertanyaan yang mengganjal pikiran mereka, apakah QtOctave mempunyai fitur yang sama persis dengan matlab?? kalau sama persis sich nggak mungkin masih belum sesempurna seperti matlab namun aplikasi ini sudah mampu menangani proses proses di dalam matlab sendiri, apalagi aplikasi ini gratis jika di bandingkan dengan matlab yang harus membayar lisensi yang lumayan membuat kantong tipis.
Aplikasi ini juga sangat ringan dibandingkan dengan matlab yang lebih dari 1GB apalagi di windows 7 banyak yang mengeluh karena tidak support.
Nah untuk instalasi juga sangat mudah, disini penulis hanya memberikan cara instal lewat sofware center jadi yang diperlukan hanya koneksi internet saja itu sudah cukup. caranya sebagai berikut:
1. buka software center pada sistem operasi linux anda.
2. cari file QtOctave dan tinggal klik instal.
3. tunggu sampai proses dowmload selesai kira kira 40MB.
4. setelah selesai instalasi buka pada menu science karena biasanya QtOctave di tempatkan disitu..


>> bagi yang sudah pernah menginstal lewat terminal bisa di share lewat komentar.terima kasih
semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment